Wednesday, September 23, 2015

Cara Membuat Posting di Blogspot

Cara mudah dan cepat membuat posting atau tulisan di blog
Cara mudah dan cepat membuat posting atau tulisan di blog | Credit: imgarcade.com
Ketika kita telah mempunyai sebuah blog maka yang harus kita lakukan selanjutnya adalah mengisi blog tersebut dengan konten. Konten adalah segala sesuatu baik berupa tulisan, gambar atau video yang terdapat pada halaman sebuah blog. Untuk membuat sebuah blog yang baik adalah blog yang mempunyai isi konten atau tulisan. Percuma kita mempunyai blog dengan tampilan yang sangat bagus tapi tidak mempunyai konten di dalamnya.

Bagaimana membuat posting di blog? Dalam post kali ini saya akan memberikan tutorial atau cara membuat posting di blog yang menggunakan platform Blogspot. Ini akan cepat dan terasa sangat mudah bagi para pemula seperti saya, karena yang dibutuhkan hanya pengetahuan dasar terhadap dunia internet.

Langsung saja kita praktikkan cara membuat posting di blogspot dengan mengikuti tutorial di bawah ini.

1.  Pastikan kamu telah mempunyai blog (Blogspot)
2.  Buka dan login di Blogspot pada URL berikut https://www.blogger.com/
3.  Ada dua cara untuk membuat posting di blogspot. Pertama bisa langsung dengan mengeklik icon pensil dengan background orange dan yang kedua bisa dengan klik icon kertas di sebelah icon pensil. Jika kita ragu ingin menulis apa dan ingin melihat perkembangan blog kita terlebih dahulu maka sebaiknya pilihlah dan klik icon kertas.
Halaman blogger untuk membuat tulisan di blog
Klik icon pensil atau icon kertas untuk memulai membuat posting di blogspot

4.  Karena kita memilik mengeklih icon kertas maka tampilannya akan tampak seperti pada gambar di bawah ini. Untuk memulai membuat sebuah post, kliklah button Entri Baru di pojok kiri atas seperti yang ditunjukkan oleh anak panah.
Memulai membuat posting di blog
Klik button Entri Baru untuk memulai membuat post di blogspot

5.  Akan terlihat tampilan halaman blog kita menjadi halaman untuk membuat posting di blog seperti gambar di bawah ini. Secara default setting dan tampilan halaman kerja akan terlihat seperti pada gambar di bawah. Pastikan halaman kerja kita dalam mode compose.
Halaman kerja untuk membuat posting di blog
Pastikan halaman kerja untuk membuat posting ada pada mode Compose

6.  Jika mode lembar kerja kamu sama seperti gambar di atas, saatnya untuk menulis sebuah konten atau tulisan di blog. Kolom paling atas adalah kolom untuk menuliskan judul tulisan post dan kolom kedua di bawahnya adalah kolom untuk menuliskan isi (tulisan) di post.

Cukup mudah bukan? Untuk mengenal lebih jauh halaman kerja posting blogspot akan saya jelaskan pada posting berikutnya. Selamat menulis dan selamat berbagi di dunia internet.

Sekian tutorial sederhana dari saya, jika ada pertanyaan silahkan berkomentar.

0 comments

Post a Comment

Blog Archive