Saturday, October 17, 2015

Cara Cepat Install NetBeans di Linux Terbaru

Install NetBeans 8.0.2 di Linux
Proses penggunaan NetBeans 8.0.2 di Linux (Kali Linux)
NetBeans adalah salah satu software editor atau software yang digunakan untuk membuat sebuah software komputer. Kebanyakan User menggunakan NetBeans untuk membuat sebuah program Java. NetBeans dapat diunduh atau download secara gratis juga dalam penginstallasiannya tidak membutuhkan sebuah serial number. Jadi NetBeans adalah Software gratis yang dikeluarkan oleh Sun Microsystem sebelum diambil alih oleh Oracle.  Bagi kamu yang belum mempunyai NetBeans versi terbaru yaitu NetBeans 8.0.2, kamu bisa download dulu atau lihat post saya sebelumnya di Download NetBeans For Linux

Untuk pemasangan atau instalasi NetBeans di Windows sangat mudah, kamu tinggal download dan install klik demi klik, hal tersebut hampir sama dengan pengguna Linux. Namun pengguna Linux masih tetap diwajibkan untuk menggunakan Terminal sebagai sarana penginstallan. Jangan khawatir, walau pun begitu install NetBeans di Linux sangat mudah karena sudah disertai dengan installasi secara interface. Jadi ya sama dengan install NetBeans di Windows.

Jika sebelumnya kamu telah Install NetBeans, maka terkadang kamu akan mengalami sebuah kasus yang pernah saya alami di Kali Linux.  NetBeans yang pernah saya install sebelumnya mengalami crash atau rusak sehingga tidak bisa dijalankan. Lalu saya coba untuk upgrade NetBeans ke versi terbaru yaitu NetBeans 8.0.2 dan alhamdulillah bisa jalan.  Untuk bisa upgrade ke versi terbaru, kita diharuskan menghapus terlebih dahulu NetBeans yang crash tersebut dengan uninstall NetBeans dan komponennya. Yang harus kamu uninstall adalah GlassFish Server Open Source Edition & Apache Tomcat.  Bagaimana cara menghapus program tersebut? Berikut cara uninstall program tersebut.

To Uninstall Server Open Source Edition

cd /usr/local/glassfish-4.1
./uninstall.sh
Sesuaikan dengan versi Glassfish yang terinstall di komputer kamu
To Uninstall Apache Tomcat

cd /usr/local/apache-tomcat-8.0.9/
./uninstall.sh
Sesuaikan dengan versi Apache Tomcat yang terinstall di komputer kamu
Setelah selesai uninstall dua program tersebut, sekarang kamu sudah bisa untuk mulai install NetBeans 8.0.2 di Kali Linux atau yang terbaru. Namun agar proses penginstallan berjalan dengan normal, alangkah baiknya kamu membersihkan file-file junk dari NetBeans terlebih dahulu. Lakukan pembersihan sisa-sisa file NetBeans yang tidak digunakan dengan BleachBit atau CCleaner versi Linux.  Jika kamu belum install BleachBit, kamu bisa mengunjungi posting sebelumnya di Download & Install Bleachbit (CCleaner) For Linux. Lakukan pembersihan file junk yang berada di system agar file-file sampah benar-benar bersih dan tidak mengganggu penginstallan NetBeans nantinya.  Jika sudah, mari kita lakukan install NetBeans di Linux (Kali LInux). Ikuti perintah di bawah ini.

Saya asumsikan bahwa kamu sudah selesai unduh NetBeans 8.0.2 atau versi yang lebih tinggi dan sekarang ada di sebuah direktory/folder hard disk komputer kamu. Buka folder NetBeans tersebut menggunakan terminal. Sebagai contoh, saya menyimpan NetBeans 8.0.2 di Home -> Program -> NetBeans maka saya akan melakukan perintah berikut di terminal

cd Program/NetBeans
Sesuaikan dengan folder yang terdapat NetBeans di komputer kamu. Untuk memastikan gunakan perintah ls dan lihat apakah NetBeans berada di directory tersebut.
Setelah kamu benar-benar berada di directory/folder tempat penyimpanan NetBeans, sekarang saat untuk install NetBeans di Linux. Lakukan perintah berikut:

chmod +x netbeans-8.0.2-linux.sh
./netbeans-8.0.2-linux.sh
Sesuaikan dengan versi NetBeans yang akan kamu install
Setelah melakukan perintah tersebut, maka Linux akan melakukan eksekusi program hingga nanti muncul dialog berbasih GUI untuk melakukan installasi NetBeans.  Nah pada langkah inilah, install NetBeans di Linux akan sama dengan install NetBeans di Windows. Kita tinggal melakukan klik dan klik. Untuk langkah tersebut, saya akan serahkan kepada teman-teman sendiri. Jika kamu pernah install program di Windows, maka kamu bisa melakukan langkah ini.  Selamat menggunakan NetBeans di Linux (Kali Linux).

1 comments:

Blog Archive