Friday, October 9, 2015

Cara Membuat Sitemap XML

Sitemap adalah sebuah halaman dari blog atau website yang bertujuan mempermudah mesin perayap (crawler) untuk mengindeks dari setiap halaman yang terdapat di blog atau website tersebut. Untuk selanjutnya sitemap bisa disebut dengan Peta Situs. Peta situs yang terdapat di blog atau website selain untuk mempermudah kerja dari mesin perayap yang dipunyai oleh mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dkk juga untuk mempermudah pengunjung (Visitor) dalam menjelajahi blog atau website.

Search Engine seperti Google telah mengeluarkan Google Sitemaps untuk mempermudah blogger dalam pempublikasikan daftar link dari setiap post yang ada di situs mereka.  Beberapa mesin pencari yang telah saya sebutkan di atas telah mendukung protokol sitemaps. Sehingga blog yang kita miliki mampu dan bisa bersahabat dengan mesin pencari dan diaharapkan post di blog dapat terindeks dengan cepat dan menempati urutan pertama atau setidaknya page one.

Perlu diingat bahwa dengan memasang sitemap di situs web tidak menjamin 100% seluruh halaman di blog atau website akan terindeks semua dan cepat. Namun setidaknya dengan menambahkan sitemaps blog atau website kita dapat membantu mesin pencari dalam merayapi setiap halaman di blog atau website kita.
Mempunyai sitemaps adalah sebuah keharusan atau sebuah standard dari blog atau website. Jika saya boleh memberi saran kepada teman-teman, buatlah sitempas untuk blog atau website.
Sitemaps terdapat dua jenis, pertama sitemaps untuk search engine dan kedua untuk visitor yang mengunjungi blog atau website. Lalu bagaimana untuk membuatnya? Berikut akan saya buatkan tutorial cara membuat sitemap untuk mesin pencari. Sedangkan untuk membuat sitemap yang bertujuan mempermudah pengunjung dalam menjelajahi seluruh post di blog atau website, silahkan lihat post saya sebelumnya di link berikut cara membuat daftar isi

Banyak website menawarkan pembuatan sitemaps atau daftar isi dengan mesin otomatisnya atau disebut dengan Sitemaps Generator. Saya baru saja menemukan sebuah website yang menawarkan pembuatan sitemaps premium gratis. Untuk mulai membuat PRO-Sitemaps dan gratis, silahkan ikuti langkah-langkah tutorial di bawah ini. 

1.  Kunjungi atau buka website xml-sitemaps untuk mulai membuat sitempas pro dan gratis tentunya. Isi form pada bagian-bagian yang saya hitamkan di gambar di bawah ini.
Cara Membuat Pro-Sitemap untuk mesin pencari
1. URL blog kamu; 2. Ganti menjadi Alwyas; tetap pilih Use server's response; pilih Automatically Calculated Priority dan klik Start

2.  Tunggu sampai semua halaman terindeks dan halaman web tersebut menjadi seperti pada gambar di bawah ini. Untuk kamu yang ingin membuat sitemaps biasa saja, silahkan langsung download file sitemaps dengan klik link here.  Bagi kamu yang ingin membuat sitempas pro silahkan klik button warna merah yang bertuliskan Create free PRO-Sitempas account
Cara Membuat Pro-Sitemap untuk mesin pencari
Sitempas siap di download atau kamu bisa membuat sitemap pro dengan klik button warna merah di atas

3.  Karena tujuan kita tadi adalah membuat PRO-Sitemaps, maka teruskan langkah berikut ini. Setelah klik button warna merah maka tampilan halaman web tersebut akan menjadi seperti gambar di bawah ini. Masukkan URL blog kamu pada bagian Your Website URL dan klik button Start. Tunggu sampai pembuatan PRO-Sitempas selesai.
Jika kamu diharsukan untuk mendaftar, silahkan mendaftar terlebih dahulu lalu aktifasi dengan klik link yang dikirimkan di email yang kamu gunakan untuk mendaftar.
Cara Membuat Pro-Sitemap untuk mesin pencari
Masukkan URL blog kamu lalu klik Start.

4. Jika pengindeksan halaman di blog kamu selesai, maka tampilannya akan menjadi seperti ini dan lakukan pengunduhan file Sitemaps dengan klik link sitemap.xml
Cara Membuat Pro-Sitemap untuk mesin pencari
Download PRO-Sitemaps

Done! Pembuatan Pro-sitemaps untuk mensin pencari selesai. Semoga Pro-Sitemaps yang kamu gunakan dapat membuat blog atau website kamu semakin bersahabat dengan mesin pencari terutama dengan robot perayapan milik mesin pencari seperti Spider Boot milik Google untuk merayapi setiap halaman di blog atau website kamu.

Jika kamu mengalami kesulitan atau mempunyai sebuah pertanyaan, silahkan berkomentar. :) 

3 comments:

Blog Archive