Friday, October 23, 2015

Istilah-Istilah Dalam Google Adsense

Istilah-Istilah Dalam Google Adsense
Istilah-istilah yang ada pada Google Adsense
Google Adsense adalah salah satu program periklanan yang digunakan oleh banyak blogger untuk meraup uang. Dalam posting ini akan coba saya jelaskan mengenai pengertian istilah-istilah yang ada pada Google Adsense. Banyak dari para blogger pemula saat pertama kali bermain Adsense akan menemui kebingunan terhadap istilah-istilah yang ada di Google Adsense itu sendiri. Jika kamu adalah seorang blogger yang telah lama berkecimpung di dunia per-Adsense-an, mungkin tidak lagi kebingungan mengenai istilah-istilah yang digunakan Google Adsense.

Istilah-istilah Google Adsense apa saja yang akan kita pelajari pada post kali ini adalah mengenai hal-hal dasarnya saja. Artinya, saya tidak akan begitu membahas istilah tersebut begitu dalam. Lebih tepatnya adalah garis besar atas istilah-istilah dalam Google Adsense saja.  Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam mengenai Google Adsense, mungkin bisa menunggu pada posting selanjutnya.

Post kali ini membahas mengenai istilah-istilah yang sering muncul dan dipertanyakan oleh para blogger yang mungkin baru pertama kali bermain Google Adsense. Hal apa saja yang akan kita bahas? Berikut daftar isinya:

  1. Pengertian Pageviews/Adsviews
  2. Pengertian Clicks/Adsclicks
  3. Pengertian Click Through Ratio (CTR)
  4. Pengertian Clcik Per Clicks (CPC)

Empat poin di atas mungkin sudah cukup untuk mulai mengenal istilah-istilah di Adsense. Mari kita bahas satu persatu dari keempat poin di atas.

1.  Pengertian Pageviews/Adsviews
Pageviews/Adsviews jika dibahas Indonesiakan secara sederhananya adalah jumlah iklan yang ditampilkan pada blog atau website pada periode tertentu. Saat kita mempunyai akun Google Adsense mungkin akan muncul pertanyaan "Kenapa jumlah pageviews yang ada di akun Google Adsense saya jumlahnya lebih sedikit daripada jumlah yang ada di Google Analytic, Blogger, Histats atau pun visitor counter lainnya? Jawaban dari pertanyaan di atas adalah, pada sebuah keadaan di mana halaman blog tidak menampilkan sebuah iklan. Lho kok bisa?

Ada banyak faktor yang menyebabkan iklan tidak muncul pada sebuah halaman blog. Beberapa diantaranya dikarenakan tidak ada kata kunci atau keywords yang terdapat di konten blog yang relevan dengan iklan. Sehingga pihak Google Adsense tidak menampilkan iklan. Faktor lainnya mungkin saja visitor menggunakan AdsBlock saat membuka halaman blog, sehingga iklan-iklan Google Adsense tidak bisa muncul pada saat itu. Dua faktor tersebut sangat berpengaruh terhadap besar kecilnya jumlah tanyangan iklan di blog.

2.  Pengertian Clicks/Adsclicks
Cliks atau Adscliks adalah istilah yang digunakan untuk menghitung berapa banyak iklan yang diklik oleh visitor. Clicks sangat berpengaruh terhadap pendapatan pemain Google Adsense. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Google Adsense menggunakan metode Pay Pe Click (PPC). Semakin banyak jumlah klik terhadap iklan yang tanyang di blog maka semakin besar pendapatan pemain Google Adsense. Ada banyak faktor yang mempengaruhi berapa banyak jumlah klik di sebuah blog, faktor-faktor tersebut bisa dipengaruhi oleh visitor itu sendiri yang melingkupi gender (jenis kelamin) visitor, usia visitor, tempat tinggal visitor dan lain sebagainya.

3.  Pengertian Click Through Ratio (CTR)
Clik Through Ratio yang selanjutnya kita sebut dengan istilah CTR. CTR adalah hasil dari pembagian jumlah tanyang sebuah halaman blog lalu dibagi dengan jumlah klik unit iklan. Di bawah ini adalah rumus dari CTR:
CTR = Pageviews/Clicks
Sebelum lebih jauh membahas mengenai CTR, mungkin teman-teman yang baru-baru ini bermain Adsense akan mempertanyakan "Kenapa nilai CTR saya kecil, kenapa nilai CTR saya besar dan apa maksudnya itu?."

Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, mari kita perhatikan rumus CTR di atas. Dalam rumus tersebut dapat dijelaskan bahwa CTR dihasilkan dari jumlah tanyang iklan dibagi dengan jumlah klik iklan. Jika jumlah tayang halaman blog adalah 1000 maka di bagi dengan jumlah klik, katakanlah jumlah klik ada 50 klik. Maka nilai CTR-nya adalah 1000/50 dan ketemulah angka 20. Nilai 20 puluh itulah yang dinamakan Click Through Ratio atau CTR.

Ada banyak faktor yang mengakibatkan besar kecilnya nilai CTR. Seperti yang sudah dijelaskan pada poin 2 di atas, jumlah tanyangan sebuah halaman website dan jumlah klik dari setiap iklan pada periode tertentu dipengaruhi oleh behavior atau perilaku visitor. Perilaku visitor itu contohnya adalah gender atau jenis kelamin, usia, tempat tinggal dan hal yang paling mendasar adalah niche sesuai dengan target visitor blog itu sendiri.

4.  Cost Per Click (CPC)
Cost Per Click yang selanjutnya disebut dengan CPC adalah harga dari iklan tersebut perkliknya. Metode CPC sangat menguntungkan jika blog mempunyai keywords yang berharga mahal. Pasalnya kita dibayar ketika ada visitor yang mengeklik iklan yang tampil di blog. 

Jika blog mempunyai niche yang mempunyai keywords dengan harga CPC-nya tinggi, bukan tidak mungkin untuk menghasilkan puluhan dollar tidak membutuhkan waktu lama. Namun niche saja tidak cukup jika tidak dibarengi dengan Geotargeting atau target visitor berdasarkan negara atau wilayah. Kenapa bisa seperti itu? 

Banyak blogger expert yang berkata bahwa blog dengan isi konten berbahasa Inggris lebih menguntungkan daripada blog dengan konten berbahasa Indonesia. Bisa kita telaah seperti ini, jika konten blog berbahasa Indonesia maka besar kemungkinan visitornya berasal dari Indonesia itu sendiri, sedangkan pengiklan di Indonesia baru sedikit dan pelit-pelit alias tidak mau membayar tinggi untuk beriklan. Sedangkan jika konten blog berbahasa Inggris maka kemungkinan besar juga visitornya dari seluruh penjuru dunia. Walau pun seluruh dunia, tetap saja kita harus menargetkan visitor. Kebanyakan blogger akan menargetkan visitor berasal dari Eropa dan Amerika. Pasalnya dua tempat tersebutlah yang mempunyai jumlah pengiklan Google Adsense yang berani membayar tinggi untuk beriklan di Google Adsense.

Masih banyak lagi mengenai istilah-istilah yang ada di Google Adsense, namun dengan 4 poin di atas saja menurut saya sudah cukup untuk menambah pengetahuan kita mengenai dunia per-Google Adsense-an. Mungkin untuk istilah-istilah lainnya yang ada di Google Andsese yang sekiranya teman-teman belum paham, bisa ditanyakan melalui komentar.

Akhirnya sampai juga diakhir tulisan, jika artikel ini masih mempunyai banyak kekurangan dan kesalahan, saya selaku penulis memohon maaf sebesar-besarnya. Semoga apa yang saya tuliskan di post ini mengenai istilah-istilah yang ada di Google Adsense khususnya Pageviews, Adsclick CTR dan CPC dapat bermanfaat untuk semua.

2 comments:

  1. jangan lupa follbacknya
    tutor-newbie.com

    ReplyDelete
  2. ada kejadian aneh, kenapa hari ini kamis tanggal 11 oktober 2018 akun adsense saya tidak bisa dilihat diblog apakah blog saya kurang konten, ternyata adsense adblok nya aktif, saya sangat kaget

    ReplyDelete

Blog Archive