Friday, December 27, 2019

Cara Masuk Gmail Tanpa Kode Verifikasi Terbaru Dijamin Berhasil

Cara masuk akun Google tanpa kode verifikasi 2 langkah
Cara masuk akun Google tanpa kode verifikasi 2 langkah

Apakah Anda sedang kebingungan karena diminta memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor hp saat login ke gmail padahal nomor hp yang dimaksud telah hilang atau hangus?

Saya baru saja mengalami hal tersebut tepatnya hari ini Kamis, 27 Desember 2019 yang sebentar lagi tahun 2020.

Kronologi

Kronloginya seperti ini yang mungkin juga akan mirip seperti yang sedang Anda alami saat ini:

Akun Google Lama

Saya membuat akun Google yang mempunyai masalah verifikasi 2 langkah ini sudah sejak dua tahun yang lalu tepatnya 2017.

Akun Google milik saya ini menggunakan nomor hp yang sudah tidak lagi saya gunakan sejak lama, sudah lebih dari 1 tahun karena hilang.

Sehingga tidak mungkin lagi saya mengakses nomor hp tersebut baik melalui pertolongan provider atau pun membuat nomor itu kembali di kantor provider.

Sehingga mustahil saya bisa mendapatkan kode verifikasi Google yang dikirim ke nomor hp tersebut.

Tidak bisa login

Akhir-akhir ini saya iseng membuka kembali akun Google tersebut menggunakan laptop yang saya gunakan untuk membuat akun Google tersebut namun beda lokasi dan beda jaringan.

Saat saya tiba dihalaman login Gmail maka saya masukkan alamat email dan password seperti biasa. Namun masalah muncul ketika saya diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirim ke nomor hp lama saya.

Bingung dong, gimana caranya menyelesaikan masalah ini. Saya yakin betul jika saya menggunakan email dan password dengan benar dan saya berani banding ke pengadilan jika saya adalah pemilik sah akun Gmail tersebut.

Meminta bantuan login

Saya berusaha untuk menggunakan bantuan login dari Google seperti menggunakan Coba cara lain untuk masuk. Semua langkah saya lewati hingga disuruh untuk Coba lagi.

Kalau tidak salah, dulu Google menyediakan sebuah pertanyaan kapan akun dibuat dan sebagainya, namun saya tidak menemukan hal tersebut pada kasus saya ini.

Penyebab Google Meminta Verifikasi 2 Langkah

Pada kasus ini saya anggap Anda tidak pernah mengaktifkan fitur verifikasi 2 langkah untuk masuk ke akun Google baik itu Gmail, Youtube, Android atau lainnya. Google dapat mengaktifkan fitur ini secara otomatis apa bila:
  • Login menggunakan perangkat yang tidak dikenal. Perangkat Anda benar-benar baru dan tidak pernah digunakan untuk login ke akun Google.
  • Login menggunakan jaringan yang tidak dikenal. Jaringan yang Anda gunakan tidak pernah digunakan sebelumnya untuk login ke akun Google.
  • Login di tempat yang tidak dikenal. Ketika Anda berada di tempat yang sebelumnya tidak pernah Google rekam digunakan untuk login ke akun Google Anda maka fitur verifikasi 2 langkah dapat aktif otomatis.
  • Login mencurigakan. Google dapat mewajibkan setiap tindakan login yang mencurigakan harus melakukan virifikasi 2 langkah.
Kebetulan saat saya login ke akun Google, saya sedang menggunakan jaringan baru yaitu WiFi Indihome. Saya yakin inilah penyebabnya kenapa saya diwajibkan untuk login menggunakan verifikasi 2 langkah.

Cara masuk akun Google tanpa verifikasi

Saya berusaha tenang dan sambil mencari cara melewati verifikasi 2 langkah gmail ini dengan membaca-baca artikel di Google.

Beberapa tutorial cara masuk gmail tanpa kode verifikasi saya ikuti, bahkan situs resmi seperti support.google.com juga menerbitkan bantuan pemecahan masalah verifikasi 2 langkah.

Mereka menerbitkan artikel yang berjudul "Masalah umum dengan Verifikasi 2 Langkah" dan "Pemulihan Verifikasi 2 Langkah Karena 'Kehilangan nomor telepon'".

Setelah saya baca dan ikuti caranya namun hasilnya tetap nihil tanpa hasil. Akhirnya saya buka Youtube untuk mencari solusi atas masalah saya ini.

Saya menemukan salah satu video yang menginspirasi saya untuk melakukan metode yang ia gunakan. Bisa disimak pada chanel youtube berikut ini:


Terima kasih kepada creator yang telah membagikan ilmunya untuk membuat cara masuk akun Google tanpa verifikasi nomor hp yang hilang.

Cara melewati verifikasi 2 langkah gmail

Bukan melewati sih, lebih tepatnya "mengakali" login gmail tanpa verifikasi. Saya di sini menggunakan laptop bukan smartphone Android atau iPhone.

Software yang dibutuhkan untuk mengatasi verifikasi 2 langkah hanya browser dan VPN.
Browser yang saya gunakan adalah Google Chrome dan VPN yang saya gunakan adalah TunnelBear.

VPN TunnelBear bisa didapatkan langsung di Chrome Web Store - Tunnel Bear sehingga tidak perlu install di komputer.

Silahkan install Tunnel Bear di Google Chrome atau Android dan lakukan pendaftaran. Jangan lupa untuk segera melakukan verifikasi pada email yang dikirim oleh sistem TunnelBear ke email yang Anda gunakan saat registrasi.

Tutorial mengatasi login Gmail yang meminta kode verifikasi

1. Buka Google Chrome dalam dua mode. Satu mode biasa dan satu mode penyamaran.
cara login gmail tanpa kode verifikasi dari nomor hp yang hilang terbaru
Google Chrome New Windows dan Google Chrome New Incognito Window.
2. Login ke Akun Google atau Gmail dengan memasukkan alamat email dan password yang benar di kedua window tersebut. Pastikan Anda tidak melakukan kesalahan di sini agar Google tidak semakin curiga.

3. Halaman "Sign in Challenge" akan terbuka dan mengharuskan Anda memilih verifikasi menggunakan SMS atau panggilan telepon. Tidak pilih keduanya karena kita akan menggunakan fitur "Minta Bantuan Google untuk kembali ke akun Anda".

4. Silahkan masukkan kembali password email terakhir yang Anda gunakan. Lalu lanjutkan dan pada tahap "Masukkan email" tidak perlu memasukan email melainkan pilih Cara Lainnya.

5. Pada langkah terakhir Anda akan dibawa ke halaman dengan keterangan bahwa "Akun xxx tidak dapat dikonfirmasi kepemilikannya milik Anda" kurang lebihnya seperti itulah pesannya.

6. Lalu pilih login kembali dengan akun lain atau "Coba lagi". Saatnya mengaktifkan VPN TunnelBear pada window Google Chrome biasa (bukan mode penyamaran).

7. Silahkan ulangi login dari langkah pertama hingga akhir dan terus mencoba sampai beberapa kali minimal 5 kali.

8. Matikan VPN TunnelBear dan lakukan cara serupa dari pertama hingga akhir terus menerus bergantian antara login menggunakan VPN TunnelBear aktif atau pun mati.

9. Kedua window Google Chrome baik mode biasa dan mode penyamaran harus melakukan upaya login secara terus menerus.

10. Pada percobaan ke sekian kalinya tanpa jeda, saya berhasil masuk ke akun Gmail saya dan mendapatkan peringatan bahwa ada upaya masuk dari IP yang tidak dikenal.

Maaf saya tidak menyertakan gambar dalam tutorial cara masuk gmail tanpa kode verifikasi nomor hp yang hilang karena saya baru membuat tulisan ini ketika kasus saya selesai.

Apa bila Anda kebingungan dan membutuhkan bantuan untuk melewati verifikasi 2 langkah gmail padahal nomor hp Anda sudah hilang atau hp Anda rusak dapat menuliskan pertanyaan pada kolom komentar.

0 comments

Post a Comment

Blog Archive