Wednesday, October 21, 2015

9 Cara Jitu Mengelola Website Bisnis

Cara Jitu Mengelola Website Bisnis
Kumpulan tips dan cara  jitu mengelola website bisnis
Tahun demi tahun segmentasi pasar semakin bergeser ke online. Seperti yang kita ketahui dalam kehidupan sehari-hari. Banyak sekali toko online berseliweran di depan mata saat kita mengakses internet. Mulai dari toko online paling terkenal dan besar sampai dengan toko online yang baru saja buka. Hal ini mengindikasikan bahwa orang-orang kini lebih memilih membangun toko secara online. Membangun toko online selain harganya murah juga tidak memerlukan begitu banyak pegawai. Selain itu, sejauh ini belum ada undang-undang untuk mengatur pajak terhadap toko online.

Siapa saja yang bisa mempunyai toko online? Semua manusia di muka bumi ini berpotensi untuk membangun dan memilikinya. Tidak terkecuali Anda sendiri. Toko online dipilih karena memang trend jual beli dari tahun ke tahun selalu saja mengalami peningkatan. Membangun toko online lalu membiarkan toko beroperasi begitu saja tidak cukup, malah hal ini sama saja mematikan pasar yang kita bangun sendiri. Saat kita mempunyai toko online, berdiam diri lalu menunggu bukanlah hal terbaik. Maka lakukanlah optimalisasi baik dari sisi toko online dan layanannya.

Dalam buku elektronik atau E-Book 9 Cara Jitu Mengelola Website Bisnis akan dibahas secara terperinci bagaimana membuat strategi tepat sesuai dengan target toko online yang kita bangun. Memang dalam E-Book ini tidak dibahas secara mendalam bagaimana meningkatkan penjualan, namun setidaknya buku ini membahas mengenai garis besar terhadap cara jitu mengelola website yang bergerak dalam dunia bisnis. Akan saya uraikan beberapa point dalam e-Book ini sebagai gambaran mengenai buku Pedoman mengelola website bisnis yang baik dan benar. Poin-poinnya sebagai berikut:

Gunakan sudut pandang konsumen untuk mengembangkan website bisnis
Gunakan sudut pandang konsumen untuk mengembangkan website bisnis
1.  Gunakan Sudut Pandang Konsumen
Hal pertama saat Anda mempunyai sebuah toko online, cobalah koreksi terlebih dahulu website Anda sebelum akhirnya Anda kampanyekan ke khalayak umum. Coba gunakan cara pandang dari sisi konsumen dalam menilai website Anda. Saat Anda memposisikan diri sebagai konsumen, coba jawab beberapa pertanyaan di bawah
ini.
Apa yang membuat pelanggan masuk ke website Anda? 
Apakah pelanggan mengalami kesulitan saat berkunjung di website Anda? Apa penyebabnya dan lakukan evaluasi. 
Saat Anda menjadi pelanggan untuk website Anda sendiri, kira-kira Anda akan memberikan penilaian atau masukkan apa untuk website tersebut? 
Apakah informasi yang tertera pada website Anda telah cukup meyakinkan para pelanggan untuk melakukan transaksi? Jika belum, apa penyebabnya?
Mungkin cukup empat pertanyaan dasar di atas yang dapat Anda gunakan untuk lebih mengenal website Anda sendiri. Hal tersebut tidak mudah dilakukan.  Untuk mempermudah pekerjaan tersebut, mintalah seseorang untuk melakukannya. Anda bisa meminta teman, rekan, saudara atau siapa saja dengan tujuan untuk menilai dan menyampaikan pengalaman saat berkunjung di website Anda. Catatlah semua penilaian atau saran dari mereka lalu buatlah kesimpulannya untuk mengembangkan website Anda jadi lebih baik.

Menentukan design yang tepat untuk website bisnis
Menentukan design yang tepat untuk website bisnis
2.  Design Saja Tidak Cukup
Umumnya saat pertama kali seorang pengunjung masuk ke website Anda, mereka akan menilai secara keseluruhan melalui tampilan website. Harus diingat bahwa design sebuah website bukanlah prasasti, artinya semakin kuno tampilan website maka tidak akan semakin bagus. Lakukanlah penyesuaian design yang mempresentasikan usaha Anda. Saat mendesign website hal yang paling diutamakan tentunya kenyamanan pelanggan. Sebagus apa pun website Anda namun Anda mengorbankan pengalaman pengunjung itu sama saja bohong. Lakukan penyesuaian design dengan kebutuhan dan kemudahan website Anda untuk digunakan oleh orang awam sekalipun.

Kembali ke poin nomor 2 bahwa di sana dituliskan Design Saja Tidak Cukup, artinya website jangan hanya mengutamakan designnya saja melainkan isi dari website itu sendiri. Buat apa sebuah website yang bagus namun kontennya tidak pernah ada pembaruan. Pelanggan yang awas pun akan mulai mengecek kapan terakhir website Anda diupdate dari segi konten. Jika website Anda jarang diupdate dengan konten-konten yang menarik, maka pelanggan sulit untuk mempercayai website Anda. Untuk menghindari masalah seperti di atas, ada baiknya perhatikan dan lakukan poin-poin berikut:

- Banner Penawaran
Pelanggan yang senang berbelanja online tentunya akan sangat senang sekali bila menemukan sebuah banner dengan penawaran harga yang menggoda. Lakukanlah penawaran harga dengan memberikan harga-harga spesial di hari-hari yang penting seperti akhir pekan, hari libur nasional, hari perayaan dan lain sebagainya.
Dengan tidak sadar, pelanggan akan kembali lagi ke website Anda ketika pelanggan sadar bahwa website Anda selalu memberikan kejutan harga pada hari-hari tertentu.

- Produk dan Layanan Baru
Buatlah pelanggan selalu ingin dan ingin selalu kembali ke website Anda. Caranya cukup mudah, yaitu selalu perbarui produk jika ada yang baru dan tawarkan layanan yang menguntungkan. Hal ini akan menambah nilai plus terhadap website Anda di mata pengunjung. Di masa yang akan datang, pelanggan akan sangat senang kembali lagi ke website Anda tanpa ada tawaran.

-  Artikel Mengenai Kegiatan Perusahaan
Artikel yang dimaksud dalam poin ini adalah segala bentuk kegiatan perusahaan Anda. Saat perusahaan Anda melakukan sebuah acara seperti bakti sosial atau kegiatan lain yang mempunyai nilai jual di mata pelanggan, jangan ragu untuk membuat artikel lalu mempublikasikannya di website Anda. Cantumkan juga
foto-foto atau video jika ada, hal tersebut untuk menambah keyakinan bahwa perusahaan Anda memang pantas untuk selalu diandalkan oleh pengunjung.

-  Testimoni Pelanggan
Banyak sekali sebuah toko online atau website bisnis yang selalu mengelola sebuah testimoni menjadi senjata utama dalam hal kepercayaan. Sebuah website bisnis akan sangat cepat berkembang bila mana mempunyai banyak testimoni dari para pelanggan. Testimoni dari pelanggan dapat Anda gunakan untuk memberikan kepercayaan kepada pelanggan juga dapat Anda gunakan untuk memperbaiki kualitas website atau jasa website Anda.

Untuk mencapai segala poin di atas, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu. Lakukanlah secara bertahap dan konsisten. Pastikan di website Anda tidak ada hal-hal yang basi atau ketinggalan zaman. Selalu lakukan koreksi dan evaluasi terhadap website Anda minimal satu bulan sekali.

Cara-cara jitu lainnya untuk mengelola website bisnis yang sangat simple namun berdampak luar biasa dapat Anda baca dan pelajari dalam e-book ini. Silahkan download buku elektronik ini secara gratis alias tanpa dipungut biaya sepeserpun. Semoga ulasan singkat di atas dapat memberikan sedikit gambaran mengenai e-Book 9 Cara Jitu Mengelola Website Bisnis.

DOWNLOAD E-BOOK

NB:  E-Book ini diunduh pada website niagaweb.co.id

0 comments

Post a Comment

Blog Archive