Friday, September 25, 2015

Memasang ID Google Analytics di Blog

Memasang atau menghubungkan Blog ke Google Analytics
Memasang atau menghubungkan Blog ke Google Analytics | Credit picture: e-nor.com

Seperti yang telah kita ketahui mengenai apa itu Google Analytics yang sangat membantu untuk memonitor dan meningkatkan blog di mata search engine. Fungsi atau kegunaan Google Analytics untuk memelihara dan meningkatkan blog sangat dibutuhkan oleh semua blogger tidak terkecuali blogger yang baru saja mengenal dunia blog. Blogspot sangat mudah untuk digunakan oleh blogger pemula sekalipun, begitu pula untuk menggunakan fasilitas Google Analytics untuk menganalisa blog.

Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia blog mungkin tidak akan kesulitan untuk menggunakan dan memahami Google Analytics. Namun bagi pemula mungkin akan bertanya-tanya mengenai Google Analytics. Dalam posting ini saya tidak akan membahas mengenai apa itu Google Analytics, namun saya akan membuat sebuah tutorial atau cara menghubungkan Blogspot ke Google Analytics.

Kenapa blog harus dihubungkan dengan Google Analytics? Jawaban pendeknya adalah agar blog yang sedang kita kelola dapat langsung dianalisa oleh Google Analytics. Jadi kita tidak perlu repot-repot mencari tahu dari mana pengunjung dan apa saja yang dilakukan pengunjung di blog kita. Semua sudah disajikan informasi yang detail oleh Google Analytics. Hal inilah yang dapat kita gunakan untuk memelihara dan meningkatkan blog di mata search engine juga di mata pengunjung sendiri.

Jika kita sudah paham seberapa penting Google Analytics untuk blog yang sedang kita kelola, mari kita sambungkan blog ke Google Analytics. Sebelumnya, pastikan kamu telah mendaftarkan blog di Google Analytics. Baca cara mendaftarkan blog di Google Analytics.
Pastikan kamu telah mendaftarkan blog ke Google Analytics sebelum melanjutkan tutorial ini.
Langsung kita masuk ke cara memasang ID Google Analytics di blog.

1.  Buka Google Analytics di link berikut http://www.google.com/analytics/
Jika kamu ingin menggunakan Bahasa Indonesia untuk bahasa default di Google Analytics, silahkan baca tutorial di post Cara mengganti Bahasa di Google Analytics
2.  Masuk ke Google Analytics dengan mengeklik Sign In To Google Analytics
Login dan memasang ID pelacakan Google Analytics di blog
Login ke Google Analytics

3.  Pindah halaman ke Admin dan lihat Tracking ID seperti pada gambar di bawah ini.
Menggunakan Google Analytics
Klik Admin dan lihat Tracking ID

4.  Tracking ID tersebut adalah ID Google Analytics milik kamu. Jadi itu yang akan digunakan Google Analytics untuk menganalisa perkembangan blog kamu. Copy ID Google Analytics tersebut lalu pastekan di blog kamu. Lebih tepatnya ada pada Setting/Setelan > Lainnya > Google Analytics (ID Properti Web Analytics).
Menghubungkan blog ke Google Analytics
Paste ID Google Analytics seperti pada gambar ini.


5.  Klik Save atau Simpan setelan.

Selesai, sekarang kamu dapat menggunakan Google Analytics untuk menganalisa perkembangan blog kamu di mata pengunjung atau pun di mata search engine. Ambil tindakan dengan cepat dan tepat ketika blog kamu mengalami masalah. Gunakan anjuran Google Analytics untuk meningkatkan dan menyelesaikan masalah blog kamu.

Jika mengalami kesulitan dalam tutorial memasang ID Google Analytics di blog pada post ini, silahkan berkomentar.

0 comments

Post a Comment

Blog Archive