Saturday, April 18, 2015

Cara Install Font Baru di Komputer

Windows:  Cara Menginstall Font Baru di Windows

Bagaimana cara menambah font di komputer? Mungkin itu adalah salah satu pertanyaan bagi sebagian pengguna komputer yang belum tahu bagaimana cara menginstall font baru di komputer terutama komputer dengan sistem operasi Windows. Baik itu Windows XP, Windows 7 dan Windows 8. Semua langkah penginstallan font akan sama saja, karena masih dalam satu sistem operasi yang sama yaitu Windows.

Dalam sebuah sistem operasi seperti Windows telah dibekali dengan font-font pilihan yang sudah siap untuk digunakan baik untuk menulis di aplikasi Microsoft Office (Word, PowerPoint, Excel dkk) atau membuat sebuah design di aplikasi pengolah digital seperti Photoshop, CorelDraw dkk. Namun bagi kita yang gemar untuk membuat sebuah design sering kali ditemui masalah dalam ketersediaan font.

Banyak sebuah situs atau website yang menyediakan font tambahan dengan berbagai model dan bentuk. Baik itu font gratis atau font berbayar. Jika kamu menginginkan sebuah font yang gratis, silahkan download font seperti di Font Awesome yang bisa kamu download secara geratis di website resminya. Untuk download Font Awesome kamu bisa klik di link berikut Download Font Awesome

Berikut adalah cara mudah untuk memasang atau menambah font baru di komputer dengan sistem operasi Windows. Aktifitas ini cukup mudah karena tidak membutuhkan software atau jaringan internet tambahan. Tidak seperti kebanyakan software yang menghabiskan banyak waktu dan langkah belum lagi ditambah oleh paket yang harus di download menggunakan jaringan internet.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh sebuah font. Jika kamu sudah mempunyai sebuah font bisa langsung mengikuti langkah-langkah berikut.

1.  Pilih font yang akan kamu install di komputer. Pastikan kamu menyeleksi file font yang berformatkan True Type Font (TTF) atau bisa juga kamu ikutkan sebuah file yang bergambarkan huruf A. Lakukan copy terhadap file font yang akan diinstall.
Cara Install Font Baru di Komputer Sistem Operasi Windows


2.  Pindah ke direktori Computer > Local Disk (C:) > Windows > Fonts dan Paste file font yang telah kamu copy tadi di sini.
Cara Install Font Baru Font Awesome di Komputer dengan sistem operasi Windows

3.  Setelah kamu paste file font pilihan kamu maka akan muncul sebuah pop-up yang menampilkan preview font serta ada button Print dan Install. Klik Install untuk mulai memasang font di komputer.
Cara Install Font Baru Font Awesome di Komputer dengan sistem operasi Windows


4.  Tunggu sampai proses pemasangan atau Installing Fonts selesai. Setelah Installing Fonts selesai maka kamu telah berhasil memasang font baru dikomputer. Kamu bisa langsung bisa menggunakan font tersebut untuk diterapkan dalam sebuah tulisan Word atau design di Photoshop.
Cara Install Font Baru Font Awesome di Komputer dengan sistem operasi Windows


Selesai. :) Cukup mudah dan cepat bukan. Jika kamu mengalami kesulitan dalam menambahkan font baru di komputer, silahkan bertanya. Sekian dan terima kasih.

1 comments:

Blog Archive