Blogspot: Cara Riset Keyword Menggunakan Google Adwords Keywords Tool
|
Google Keyword Planner Tools |
Google Keyword Planner adalah sebuah tools untuk melakukan riset terhadap sebuah keyword yang digunakan untuk atau dalam pencarian mesin pencari. Google Keyword Planner atau juga yang disebut dengan Google Adwords banyak digunakan oleh Blogger atau pun Pengiklan di Google.com. Google Adwords keyword research tool digunakan oleh Blogger untuk menargetkan sebuah kata kunci bidikannya yang digunakan dalam sebuah post di blognya, sedangkan jika pengguna Google Adwords keyword planner adalah seorang atau badan usaha (pengiklan) digunakan untuk meriset sebuah kata kunci (keyword) yang berkonsentrasi pada produk yang ia jual atau tawarkan.
Google Adwords telah banyak membantu blogger atau pengiklan untuk meriset sebuah keywords bidikannya agar post yang telah ditanam keywords (kata kunci bidikan) berada di urutan pertama atau page one dalam pencarian mesin pencari seperti Google.com
How to use Google Keyword Planner Tool? Berikut saya buatkan sebuah post yang membahas dan mengupas
cara riset kata keyword menggunaan Google Adwords untuk meriset sebuah kata kunci menggunakan Google Adwords atau bisa disebut dengan Google Keyword Tool Tutorial yang dipersembahkan oleh Semester Baru. :) Hehe...
Baik, mungkin bagi teman-teman blogger sudah tidak sabar untuk mengetahui
bagaimana cara meriset sebuah keywrod (kata kunci) menggunakan Google Keyword Planner agar post semua post yang dibuat berada di urutan pertama atau setidaknya masuk page one pencarian Google.co.id.
Tutorial ini bertujuan untuk membantu blogger pemula dalam menggunakan Google Keyword Planner, jika kamu adalah seorang master blogger, diharapkan mencari referensi yang lebih menditail dan jelas di blog tetangga. :v
Berikut Tutorial atau Cara Menggunakan Google Keywrod Planner untuk Riset sebuah Keywrod.
|
Login ke Google Adwords Keyword Planner menggunakan akun gmail |
2. Setelah kamu login maka akan menemukan empat buah menu atau metode untuk menggunakan Google Adwords dalam melakukan riset sebuat keyword (kata kunci). Bagi kita adalah Blogger bukan Pengiklan maka gunakanlah menu pertama atau yang paling atas (Telusur ide kata kunci dan grup iklan baru).
|
Klik atau pilih metode pertama untuk untuk menemukan kata kunci baru yang berkaitan dengan frasa, situs web atau kategori |
3. Masukkan sebuah kata kunci pada kotak paling atas (contoh: Cara Menggunakan Google Keyword Planner). Harap sesuaikan dengan keyword yang ingin kamu riset dan gunakan nantinya. Setelah memasukkan keyword kini pilih Kategori Produk Anda dan pilihlah sesuai dengan kategori keyword kamu (contoh: Internet). Untuk bagian Laman Landas Anda dikosongkan saja. Jika sudah maka selanjutnya silahkan klik Dapatkan Ide untuk masuk ke tahap selanjutnya.
|
Masukkan keyword atau kata kunci yang ingin kamu riset pada kotak paling atas lalu pilih kategori dari keyword kamu. |
4. Masuk kebagian Tren Volume Penelusuran yang diterima oleh mesin pencari Google dari para user yang menggunakan mesin pencari google.com. Terlihat grafik penelusuran atau pencarian yang dilakukan oleh pengguna Google dari tahun sebelumnya hingga bulan dan tahun sekarang.
|
Grafik penelusuran oleh user yang menggunakan mesin pencari google untuk mencari sebuah artikel mengenai Cara Menggunakan Google Keywrod Planner |
5. Scroll ke bawah untuk mulai mengambil grup keyword pilihan kita. Pilihlah grup dari kata kunci yang relevan sesuai dengan keyword bidikanmu. Kamu bisa memilih beberapa grub sekaligus. Untuk memilih grub keyword yang kamu inginkan, kliklah button berwarna biru di kolom Tambahkan. Jika kiranya dalam memilih sebuah grub keyword cukup, maka kliklah sebuah button berwarna biru di pojok kanan bawah bertuliskan Tinjau Perkiraan.
|
Masukkan grub keyword dengan klik button biru di kolom Tambahkan untuk kemudian diteliti lebih lanjut guna mendapatkan kata kunci yang kamu inginkan. |
6. Inilah Tinjauan Perkiraan dari keyword yang kita pilih dalam tahap sebelumnya. Terlihat grub keyword yang siap kita gunakan nantinya. Biar tambah afdol dan mendapatkan kata kunci yang benar-benar kita inginkan, gunakanlah fasilitas Pencocokan dengan mengeklik Jenis Pencocokan dan pilihlah metode Pencocokan. Terdapat tiga metode Pencocokan, yaitu Pencocokan Luas, Pencocokan Persis dan Pencocokan Frasa. Sebagai contoh saya memilih metode Pencocokan Persis. Sesuaikan dengan keinginan kamu.
|
Lakukan pencocokan keyword agar kata kunci terseleksi berdasarkan keinginan kita selain itu juga diharapkan kita mendapatkan keyword yang relevan sesuai dengan keinginan kita. |
6. Klik Ya untuk mengklarifikasi pilihan pencocokan kita.
7. Setelah kiranya cukup dalam mencocokan sebuah kata kunci, sekarang saatnya kita unduh atau download kata kunci yang kita dapatkan dari Google Adwords Keyword Planner dengan klik button Unduh.
|
Unduh keyword untuk mendapatkan referensi kata kunci yang kita dapatkan dari Google Adwords Keyword Planner. |
7. Setelah klik button Unduh maka akan muncul pop-up format dokumen dari keyword yang kita pilih. Klik pada radio button Excel (CSV) untuk bisa mengunduh dokumen riset keyword kita menggunakan Google Adwords. Klik Unduh untuk mulai mengunduh dokumen berformat CSV yang berisikan riset keyword kita.
|
Klik radio button Excel (CSV) dan klik Unduh |
8. Muncul sebuah pop-up dengan keterangan Unduh rencana Anda yang berisikan keterangan banyaknya grub dan kata kunci. Klik Simpan File untuk mulai mengunduh dokumen berisikan kata kunci dari Google Adwords.
|
Klik Simpan File untuk mulai mengunduh kata kunci yang kita buat atau riset menggunakan Google Adwords Keyword Planner Tool |
9. Simpan dokumen keyword planner yang kita buat dari Google Adwords tadi di media penyimpanan kamu. Kamu bisa menggunakan media penyimpanan hard disk di komputer atau flash disk. Sebaiknya simpan pada folder yang tersusun rapi agar mudah untuk ditemukan di kemudian hari.
|
Simpan dokumen yang berisikan keyword di hard disk komputer atau media penyimpanan lainnya. |
10. Buka dokumen yang berisikan kata kunci dengan format dokumen Excel CSV menggunakan aplikasi Office untuk Excel (Microsoft Excel atau LibreOffice Calc)
|
Buka dokumen kata kunci yang berhasil di download di media penyimpanan kamu. |
12. Inilah kata kunci atau keyword yang telah kita riset dan dapatkan dari Google Adwords Keyword Planner. Silahkan bereksperimen dengan keyword atau kata kunci tersebut. Pilih kata kunci yang paling relevan untuk menunjang atau membuat SEO dari artikel yang akan kamu terbitkan di blog atau website. Dalam dokumen yang berformatkan CSV ini kita mendapatkan rincian keyword seperti Grub, Keywords, Keyword Type sampai Competition.
|
Dokumen Keyword Planner yang berisikan sebuah keyword atau kata kunci |
Done! Akhirnya kamu bisa menggunakan Google Adwords Keyword Planner milik Google untuk meriset dan mendapatkan sebuah kata kunci yang baik dan relevan demi tercapainya sebuah artikel dalam urutan pertama atau page one penelusuran mesin pencari Google.com
Jika kamu mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan, silahkan berkomentar. Mana tahu saya bisa membantu. Hehe...
Riset Keyword memang susah-susah gampang hehe :D
ReplyDeleteKang Mas SEO Group
http://www.kangmasseo.com/p/jasa-riset-keyword-terbaik.html
Semoga dapat membantu ya Cara Riset Keyword Dengan Benar Dan Ampuh
ReplyDelete